Pemprov Harus Seriusi Permukiman Warga Punan

SAMARINDA. Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, H Abdul Djalil Fatah meminta Pemprov  lebih serius mengatasi permasalahan yang dihadapi warga Punan Sajau, baik itu di Desa Binan maupun Desa  Metun Sajau, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan, khususnya dalam soal permukiman.

Warga Dayak Punan yang berjumlah sekitar 70 KK di kedua desa tersebut, menurut Abdul Djalil merasa adanya diskriminasi perlakuan. Contohnya di Desa Binan yang warganya kesulitan saat minta permukiman,  seperti yang sudah dilakukan Pemprov Kaltim terhadap warga transmigran asal Pulau Jawa.

Padahal warga Punan merupakan penduduk asli Kalimantan.

"Kenapa malah warga transmigran yang didahulukan? Warga Punan di Desa Binan sudah lama mengharapkan permukiman. Mereka tidak lagi ingin hidup nomaden. Mereka perlu perhatian khusus," ucap politisi Partai Golkar ini, Kamis (31/1) kemarin.

Belum lagi persoalan status sosial dan pelayanan kependudukan terhadap warga Dayak Punan yang jauh tertinggal dibandingkan warga Bulungan lainnya.

Terbukti dari banyaknya warga Punan di sekitar desa tersebut yang tidak memiliki Kartu Keluarga (KK) maupun Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Kesulitan untuk mendapatkan pendidikan formal di sekolah pun terjadi di daerah itu. Penyebabnya karena mereka tidak memiliki akta kelahiran.

Ironisnya kondisi ini telah terjadi sejak puluhan tahun turun-temurun.

"Apa jadinya generasi muda bangsa ini yang tidak bisa bersekolah karena alasan administrasi. Ini perlu dibenahi serius, bukan cuma dibincangkan sampai mulut berbusa-busa," kata anggota DPRD Kaltim dari Dapil V,  Tarakan, Bulungan, Nunukan, Malinau dan Tana Tidung ini.

Karena itulah dia mendorong Pemerintah Provinsi untuk membantu warga Punan. “Mereka putra-putri asli Kaltim. Mereka memiliki hak dasar seperti pendidikan, kesehatan dan administrasi kependudukan demi masa depan yang lebih baik,” tegas Abdul Djalil. (hms9)

 
 
 
 

Komisi dan Lainnya

Layanan komisi dan badan lainnya

DPRD Kaltim

Jl. Teuku Umar, Karang Paci 75126. Telp.(0541)273385
info@dprd-kaltimprov.go.id

Jejaring Sosial

Terhubung dengan jejaring DPRD Kaltim