Rabu, 01 Februari 2023 02:35 WIB

Daerah

Jalan Penghubung 6 Kecamatan di Kukar Rusak Parah, Salehuddin Minta Pemkab Kukar Lebih Proaktif

Redaktur: Rahmadani

Kondisi jalan di Desa Loleng, Kecamatan Kota Bangun, Kukar yang makin parah. Masyarakat setempat menanam pohon pisang di jalan sebagai bentuk protes terhadap lambannya penanganan dari pemerintah setempat. (ist)

Kutai Kartanegara, Afiliasi.net - Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Salehuddin, menyoroti jalan rusak yang menghubungkan 6 kecamatan zona hulu di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Di antaranya Muara Kaman, Muara Muntai, Kota Bangun, Kenohan, Tabang hingga Kembang Janggut. 

Pria yang juga merupakan putra asli daerah asal kelahiran dari zona hulu Kabupaten Kukar ini pun tertegun. Melihat semakin parahnya kondisi jalan yang rusak. Sehingga, menyulitkan masyarakat setempat untuk menjalankan aktifitas kesehariannya. 

"Inikan masih wilayah domain Pemkab Kukar. Seharusnya pemerintah proaktif untuk berkomunikasi kepada Kementerian PUPR atau dengan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Kaltim," ucap Salehuddin pada awak media, Rabu, 2 Oktober 2022 pagi. 

Politisi Partai Golkar ini juga membeberkan, dirinya telah berkoordinasi kepada pihak BBPJN Kaltim dan dilakukan perbaikan. Namun, hanya bertahan 3 bulan saja jalan tersebut pun kembali rusak. 

Lambatnya penanganan pemerintah atau lembaga terkait jalan rusak di Kukar, juga menjadi sorotan mata Saleh. Pasalnya sampai saat ini, masih banyak terlihat lubang-lubang ruas jalan yang membahayakan masyarakat Kukar. 

"Saya juga pernah melakukan komunikasi kepada Kepala nya (BBPJN). Tetapi tak direspon cepat oleh pihaknya," cetusnya. 

Meski jalan tersebut telah berubah alih menjadi kewenangan pemerintah pusat. Karena menjadi penghubung antar ibu kota provinsi. Namun tegas Saleh, hal ini tetap menjadi tanggung jawab Pemkab Kukar untuk melakukan komunikasi kepada pihak terkait. 

"Sejak tahun 2018, telah menjadi kewenangan pusat. Sehingga, peran komunikasi Pemkab Kukar juga seharusnya harus lebih proaktif. Sehingga dapat dianggarkan pada program perbaikan jalan 2023 mendatang," tuturnya. 

Saleh berpesan, agar Pemkab Kukar dan OPD terkait, dapat bersinergi untuk melakukan koordinasi kepada Pemerintah Provinsi dan pusat. Ini menandakan, adanya rasa tanggung jawab terhadap untuk mensejahterakan kehidupan rakyat Kaltim terkhusus Kukar. 

"Kami berharap Pemkab Kukar agar lebih proaktif terhadap persoalan jalan rusak ini. Agar beberapa titik kerusakan yg cukup parah di Kukar bisa segera ditanggulangi dengan segera. Karena jalan poros ini menghubungkan 6 kecamatan di Kukar zona hulu," pungkasnya. (*)

Penulis : Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #salehuddin #dprd-kaltim #kukar #muara-muntai #muara-muntai #kota-bangun #kenohan #tabang #jalan-rusak 

Berita Terkait

IKLAN