Selasa, 30 Mei 2023 03:59 WIB

Advetorial

Kota Samarinda Raih Predikat RBRA dengan Standarisasi Tertinggi Tanpa Perbaikan

Redaktur: Redaksi

Tim gugus tugas kota layak anak dan Ketua Tim Auditor, Hendri Tamara, saat membacakan hasil audit RBRA Kota Samarinda, Jumat (18/2/2023). (istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Kota Samarinda telah mendapatkan standarisasi tertinggi dalam hal Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA). Dengan raihan poin 466, penilaian ini sebelumnya ditentukan oleh Tim Auditor RBRA dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) yang melakukan audit.

Adapun penetapan peraihan predikat RBRA tanpa perbaikan tersebut diumumkan di Ruang Mangkupelas Balai Kota Samarinda pada Jumat (17/2/2023). Ketua Tim Auditor RBRA Kemen PPPA Hendi Tamara mengumumkan penerbitan Surat Keputusan (SK) akan segera diusulkan.

"Nilai ini mengungguli dari kota atau Kabupaten lainnya yang juga diaudit," ungkapnya dalam pembacaan hasil audit.

Hendi juga menyebutkan ada sejumlah temuan sebagai bahan rekomendasi perbaikan. Yakni baut yang timbul dan beberapa karat pada alat bermain.

Selanjutnya, ia juga memberikan rekomendasi kepada Pemkot Samarinda untuk menambah fasilitas yang ramah disabilitas.

"Sementara temuan positifnya, yaitu komitmen Kota Samarinda dalam mendorong, memantau dan melakukan perbaikan RBRA," tuturnya.

Hendi juga mengungkapkan bahwa Taman Cerdas akan menjadi embrio dan percontohan untuk menerapkan RBRA di seluruh kecamatan dan kelurahan Kota Tepian.

"Kami sangat mendukung perencanaan kita Samarinda yang akan membuat 1.900 taman bermain di seluruh wilayah Samarinda," ungkapnya.

Hendi Tamara mengusulkan, agar pemkot membuat interaksi berbentuk barcode agar mudah diakses dan menjadi lebih interaktif. Sebab itu, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus kompak dalam mewujudkan dan mengembangkan Taman bermain yang standardnya sama seperti Taman Cerdas.

"Kita setuju dan mendukung Samarinda sebagai Smart City," pungkasnya.

Sebagai informasi, proses Auditing Taman Cerdas berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 15 & 16 Februari 2023. Tim Auditor melakukan audit baik saat siang maupun malam hari.

Sebelumnya, pada 2019 Taman Cerdas telah meraih tingkatan Madya, dan tahun 2023 per  17 Februari 2023 telah mencapai predikat Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) tanpa perbaikan. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkot-samarinda #rbra #kementerian-pppa 

Berita Terkait

IKLAN