Detail Berita

Dewan Minta Dispora Kembangkan Kembali Olahraga Tradisional

Selasa, 09 Agustus 2011 | Oleh: Humas DPRD Prov

SAMARINDA. Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Zain Taufik Nurrohman,  meminta Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim mengembangkan kembali olahraga tradisional yang ada di Kaltim.

Menurut Ketua Fraksi PAN ini, Senin (8/8) kemarin, olahraga tradisional pada awalnya sangat digemari oleh masyarakat, namun dalam perkembangannya secara berangsur-angsur menghilang dan tinggal namanya saja karena terdesak oleh olahraga modern dengan jenis permainan yang menggunakan teknologi terkini.

 
"Untuk itu kami meminta Dispora menggali kembali potensi olahraga tradisional yang merupakan warisan budaya bangsa untuk dikembangkan, syukur-syukur kalau bisa menjadi olahraga prestasi, seperti pencak silat,"kata Zain.

Menurut Zain, di kalangan anak-anak, remaja bahkan orang dewasa pada saat ini olahraga tradisional sudah sangat awam dan kurang diminati. Padahal jika ditelusuri secara lebih mendalam, olahraga tradisional ini memiliki nilai-nilai luhur yang perlu diperkenalkan dan diwariskan kepada generasi muda untuk meningkatkan rasa cinta budaya bangsa dan juga dapat meningkatkan semangat persahabatan, kebersamaan, kekeluargaan dan persatuan.

"Melalui olahraga tradisional pula kita dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk itu, besar harapan kami agar olahraga tradisional bisa kembali dikembangkan," kata Zain (hms2)