Detail Berita

Kualitas Pendidik Harus Ditingkatkan

Selasa, 20 Desember 2016 | Oleh: Humas DPRD Prov
Kualitas Pendidik Harus Ditingkatkan

SAMARINDA - Sektor pendidikan merupakan aspek penting dalam memajukan bangsa. Sayangnya, tanpa disadari, ternyata masih banyak yang tidak sadar bahwa pendidikan merupakan satu hal terpenting juga mendasar yang wajib dimiliki seluruh bangsa.

Kualitas pendidikan untuk mencerdaskan bangsa harus lebih ditingkatkan, terutama Sumber Daya Manusia (SDM) pengajar, dimana faktor yang paling menentukan pendidikan itu dari seorang guru.

Kualitas guru dapat dinilai dari tingkat kepedulian dan tak melupakan tanggung jawab yang diembannya agar murid tidak terlantar. "Kualitas pendidikan khususnya tenaga pengajar harus lebih ditingkatkan. Bukan hanya diperkotaan saja tetapi daerah yang jauh dari perkotaan pun harus diperhatikan," kata Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Selamat Ari Wibowo.


Dia menghimbau seluruh pengajar untuk lebih memperhatikan profesi yang menjadi tanggung jawabnya untuk menghasilkan penerus generasi muda yang lebih berkualitas dan berintelektual juga beretika untuk dapat bersaing di era Global.

Dia berharap tidak ada lagi pihak yang memanfaatkan kekuasan sehingga ada oknum pengajar yang lalai akan tugas yang diembannya.


"Seperti yang disampaikan oleh gubernur. Beliau mengatakan untuk dapat meningkatkan kualitas SDM, jika terdapat tindakan-tidakan seperti ini yang di luar jangkauan pengawasan di luar pemerintah, maka ini sangat berpengaruh terhadap kualitas yang akan dihasilkan pada waktu yang akan datang," ucap politikus Partai Kebangkitan Bangsa ini.


Anak-anak merupakan aset berharga yang harus kita bina untuk mendapatkan kualitas baik, terdidik serta memiliki tingkah laku beradab. Dengan menanamkan rasa tanggung jawab ke dalam diri, maka tidak ada lagi tindakan-tindakan yang dapat merugikan sesama. (hms6)