Detail Berita

Masih Ada Kesenjangan Pendidikan di Kaltim

Selasa, 21 Februari 2017 | Oleh: Humas DPRD Prov
Masih Ada Kesenjangan Pendidikan di Kaltim

SAMARINDA. Kesenjangan kompetensi antar sekolah dan antardaerah di Kalimantan Timur mendapat atensi Muhammad Samsun, anggota DPRD Kaltim dari Daerah Pemilihan yang meliputi Kukar, Kubar dan Mahakam Ulu. Menurutnya kondisi ini perlu menjadi perhatian serius bagi Pemerintah.

Politikus Partai PDI-P ini prihatin terhadap kesenjangan kompetensi tersebut. “Terutama jika melihat kompetensi pendidikan di daerah pedalaman dan perbatasan Kaltim, kesenjangan bukan hanya soal fasilitas namun pola didiknya juga beragam,” kata Samsun.

Ia mengungkapkan, solusi untuk perbaikan kompetensi harus terus diupayakan. Sebab antarsekolah satu dengan sekolah lain kompetensi pendidikannya bisa jauh berbeda, apalagi jika membandingkan kompetensi di kota besar dengan daerah-daerah perbatasan. Namun demikian, Samsun tidak memungkiri bahwa pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam mengatasi hal tersebut. “Tetapi kenyataannya kesenjangan ini masih menjadi masalah yang membelenggu anak-anak di pedalaman. Sehingga faktor penyebabnya yang harus diberantas,” kata dia.

Apapun faktor tersebut ia berharap dapat segera teratasi. Faktor tersebut menurutnya, diakibatkan masalah sumber daya manusia, infrastruktur, kinerja dan kesejahteraan guru dipedalaman dan perbatasan. “Proses pembelajaran yang konvensional seperti metode pembelajaran yang kurang professional, kurang efektif dan efisien ditambah ketersediaan buku yang terbatas. Saya kira ini yang perlu diatasi,” sebutnya.

 Ia tak ingin kualitas pendidikan khususnya di daerah pedalaman dan perbatasan Kaltim dari tahun ke tahun tidak mengalami peningkatan.  Untuk itulah diharapkan upaya yang tak hanti-hentinya, baik dari Kemendikbud maupun Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim maupun kabupaten/kota setempat. “Mereka berhak mendapatkan pendidikan yang baik, baik dari segi mutu guru maupun alat-alat belajar yang dipakai dan disediakan,” kata Samsun mengakhiri. (hms5)

SelengkapnyaBerita Terkait