Detail Berita

Kemudahan Pinjaman Modal Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Rakyat

Kamis, 04 Juli 2019 | Oleh: Humas DPRD Prov
Kemudahan Pinjaman Modal  Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Rakyat

SAMARINDA. Kemudahan dalam mendapatkan modal usaha menjadi langkah awal mendorong masyarakat untuk mandiri menjalankan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM).

). Hal itu disampaikan Anggota Komisi II Sandra Puspa Dewi, menurutnya dengan persyaratan dari kelurahan bagi pinjaman Kredit Usaha Rakyat bagi pinjaman dibawah Rp 20 juta akan sangat membantu dalam permodalan. “Namun tentunya harus didukung dengan pinjaman yang sehat pula, artinya disiplin dalam mengelola pinjaman. Ini didukung dengan pendampingan dan pemberian wawasan bagi penggerak UMKM agar terus berkembang dengan baik,” kata Sandra.

Politikus PKB ini juga terus mendorong pemerintah melakukan upaya-upaya yang dapat menumbuhkan perekonomian rakyat guna menurunkan  gejolak ekonomi yang terasa lesu akhir-akhir ini yang dirasakan masyarakat ekonomi  menengah dan bawah.

Oleh karena itu, ia terus mendorong masyarakat  untuk tidak pesimis menghadapinya. Namun demikian, tentu ada tanggung jawab pemerintah melakukan pembinaan dan arahan kepada masyarakat agar dapat memenuhi kebutuhannya."Perhatian pemerintah terhadap sektor UMKM saat ini sudah cukup baik, ditambah kerjasama koperasi terkait maka kegiatan UMKM yang dijalankan masyarakat akan lebih memudahkan pemasaran hasil usaha mereka," kata Sandra.

Soal dukungan pemerintah memang menjadi kewajiban pemerintah, namun sebaiknya memonitor perkembangan usaha yang dilakukan pemohon modal UMKM juga harus dilakukan. Selain itu sosialisasi dan informasi terkait even-even seperti pameran UMKM juga harus lebih gencar dan membuka lebar kesempatan bagi siapapun.

Ia menambahkan, usaha lokal yang berbau khas daerah asli Kalimantan Timur juga wajib terus didorong. Selain meningkatkan usaha pedagang, dengan dukungan nyata maka artinya pemerintah turut serta dalam pengembangan hasil karya lokal agar menjadi unggulan, andalan dan semakin dikenal. “Benar memang ada tantangan tersendiri dalam mempertahankan dan meningkatkan kegiatan usaha, namun permodalan bagi UMKM merupakan peluang yang baik untuk dimanfaatkan,” pungkasnya. (adv/hms5)