Detail Berita

Jaga Kelestarian Sumber Daya Laut

Rabu, 22 Januari 2020 | Oleh: Humas DPRD Prov
Jaga Kelestarian Sumber Daya Laut

SAMARINDA - Sebagai sumber daya alam yang wajib dilestarikan, Anggota Komisi II DPRD Kaltim Ismail turut mengajak seluruh warga di Kalimantan Timur salah satunya nelayan untuk menjaga kelestarian sumber daya laut dengan cara melakukan penangkapan ikan yang ramah lingkungan.

Politikus Partai Nasdem ini mengkhawatirkan masih banyaknya nelayan yang menggunakan alat berbahaya, seperti penggunaan bom dan potassium. Selain itu, masyarakat juga perlu menjaga kebersihan laut mulai dari pesisir pantai hingga tengah laut. Warga pesisir maupun wisatawan juga diminta kesadarannya dalam menjaga kelestarian laut.


“Contohnya menjaga kelestarian terumbu karang, menjaga dari pembuangan limbah industri yang berbahaya. Pasalnya terumbu karang selain untuk keindahan laut juga sebagai rumah bagi ikan,” kata Ismail.


Ismail juga berharap tak ada lagi pembuatan bom ikan, jika masih ada pembuatan maka diharapkan informasi dan laporannya kepada pihak berwajib yaitu kepolisian. Hal ini juga sebagaimana imbauan dari Kementerian Kelautan, dan Perikanan.


Imbauan ini menurut Ismail demi keberlangsungan profesi nelayan agar tetap bisa mencari nafkah melalui hasil laut. Selain itu kelestarian laut juga akan mendukung kepariwisataan di bidang kelautan. Ismail mengaku sangat menyayangkan jika ada nelayan yang mengetahui bahaya bom ikan namun dengan sengaja menggunakannya untuk penangkapan ikan.


Sehingga memang selain komitmen kuat dari pemerintah dalam manajemen pengelolaan kelautan, kesadaran dan komitmen kuat semua pihak sangat diharapkan dalam upaya pelestarian kelautan. Dengan menjaga laut sekitar Kaltim agar tetap baik artinya turut mendukung pembangunan perikanan secara nasional.


“Pengelolaan perikanan dan kelautan berkelanjutan akan dapat terus berjalan. Anak cucu generasi mendatang pun akan dapat ikut menikmati hasil alam laut kita jika ekosistem kelautan terjaga dengan baik,” tuturnya. (hms8)

SelengkapnyaBerita Terkait