Detail Berita

Ely Rasyid: Pemerintah dan Warga Harus Waspada Virus Corona

Senin, 27 Januari 2020 | Oleh: Humas DPRD Prov
Ely Rasyid: Pemerintah dan Warga Harus Waspada Virus Corona

SAMARINDA - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Ely Hartati Rasyid meminta pemerintah provinsi/kabupaten/kota dan warga agar lebih waspada terhadap bahaya penyebaram virus corona yang baru-baru ini mencemaskan kesehatan dan nyawa manusia di seluruh dunia.

Sehingga Politisi PDI Perjuangan ini pun meminta agar seluruh elemen pemerintah dan masyarakat turut serius merespon bahaya virus yang mematikan tersebut.

"Pemerintah harus hadir dan melakukan sosialisasi extra bukan hanya melalui media massa. Harus ada langkah serius, pemerintah juga bisa menerapkan sistem pelaporan yang berbasis sistem internet cepat dan transparan seperti E-lapor. Saya kira ini bisa menjadi ide untuk mempercepat terdeteksinya bahaya seperti indikasi penyebaran virus tersebut di Kalimantan Timur," ungkap Ely.

Sementara terkait E-Lapor pemerintah daerah bisa mencontoh Yogyakarta yang telah menerapkan sistem tersebut. Pemerintah diminta agar tak kecolongan dalam kasus serius ini, tempat-tempat ramai serta daerah rawan seperti pintu masuknya wisatawan asing melalui bandar udara dan pelabuhan harus diwaspadai. "Alat deteksi suhu tubuh di bandara misalnya, harus dimiliki sebagai standar operasional. Jangan sampai sudah ada korban kemudian kerepotan. Pemerintah harus sigap jika memang ada korban dan tak perlu malu. Yang penting sigap dalam menghadapi, begitupun rumah sakit juga harus siap," pungkasnya. (hms5)

SelengkapnyaBerita Terkait

alt text

Waspada Penyebaran Virus Zika

Senin, 05 September 2016