Detail Berita

Dewan Dorong Pemerataan Pembangunan di Kaltim

Senin, 17 Februari 2020 | Oleh: Humas DPRD Prov
Dewan Dorong Pemerataan Pembangunan di Kaltim

SAMARINDA - Ketimpangan pembangunan di sejumlah daerah di Kaltim membuat Anggota DPRD Kaltim Bagus Susetyo angkat bicara. Menurutnya pembangunan di Kaltim harus merata khususnya pada bidang Infrastruktur guna mendorong perekonomian rakyat.

Dikatakan Bagus, sapaan akrabnya, membangun infrastruktur jangan hanya terfokus pada kawasan perkotaan saja. Daerah berkembang dan perbatasan juga harus menjadi perhatian dan diprioritaskan.


Karena menurut dia, pembangunan infrastruktur dapat mendorong perkembangan ekonomi, baik di kawasan perkotaan maupun kawasan maju lainnya. “Maka dari itu harus merata infrastruktur di kawasan yang sedang berkembang dan perbatasan. Tujuanya untuk mengurangi kesenjangan sosial, ekonomi, dan wilayah,” sebut Bagus.


Menurut politisi gerindra ini, konektivitas antar daerah baik kabupaten maupun kota yang ada di Kaltim penting. Berdasarkan pengamatannya, ia melihat ada beberapa poros ekonomi maupun infrastruktur darat yang perlu menjadi perhatian. Yakni, wilayah selatan, tengah, dan utara.


“Semuanya harus saling terkoneksi, harus terhubung. Khususnya pada sektor pembangunan pertanian, perkebunan, pariwisata, perdagangan dan industri serta sektor pendukung lainnya,” paparnya.


Seperti wilayah Selatan yang menghubungkan wilayah Paser, Penajam Paser Utara, Balikpapan. Kondisi infrastruktur Paser dan PPU masih belum merata dan jauh dibanding Balikpapan dan khususnya di Ibu Kota Kaltim, Samarinda.


“Kemudian wilayah Tengah yang menghubungkan dari Samarinda, Kukar, Kubar, dan Mahulu. Kondisi infrastruktur Kukar, Kubar, dan Mahulu masih jauh tertinggal dibanding daerah lainnya. Terutama poros Kota Bangun menuju Barong Tongkok-Long Bagun-Long Pahangai, dan Long Apari,” bebernya.


Lanjut dia, begitu halnya dengan wilayah Utara seperti, Bontang, Kutim, dan Berau. Menurutnya, kondisi infrastruktur dari Kutai Timur, menuju Berau, terbilang memprihatinkan, dan perlu segera pembangunan dan peningkatan jalan.


Menyambut pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), disampaikan Anggota Komisi II DPRD Kaltim ini, infrastruktur fisik laut dan udara masih banyak tertinggal. Sehingga menurut dia, ada beberapa daerah yang perlu segera ada bandara. (hms6)