Detail Berita

Komisi I Cari Masukan Jelang Uji Kepatutan dan Kelayakan KIP Kaltim

Selasa, 25 Februari 2020 | Oleh: Humas DPRD Prov
Komisi I Cari Masukan Jelang Uji Kepatutan dan Kelayakan KIP Kaltim

Komisi I DPRD Kaltim saat melaksanakan sharing dengan Komisi Informasi Publik Sumatera Selatan, Jumat (21/2) di Kompleks Kantor Gubernur Sulawesi Selatan.

MAKASSAR - Anggota Komisi I DPRD Kaltim dipimpin Ketua Rombongan Baharuddin Muin, Jumat (21/2) lalu menyambangi Kantor KIP Sulawesi Selatan yang terletak di Kompleks Perkantoraan Gubernur Sulsel.

Pertemuan tersebut komisi ini mendapatkan sejumlah masukkan terkait proses, syarat serta aturan yang menjadi dasar melaksanakan Uji Kepatutan dan Kelayakan terhadap peserta yang akan mengikuti seleksi penerimaan Anggota Komisi Informasi Publik Kaltim periode 2020-2024.

Dikatakan Baharuddin Muin, bahwa meski setiap periode penerimaannya DPRD Kaltim melalui Komisi I dipercayakan melakukan Uji Kepatutan dan kelayakan menentukkan peserta yang kemudian dinyatakan lulus karena memenuhi standar kompetensi yang ditentukan. Namun masukkan diperlukan agar hasilnya lebih objektif.

"Misalnya indokator penilaian, seperti penilaian kemampuan, integritas, dari unsur mana saja timselnya dan syarat lainnya termasuk minimal pendidikan Sarjana Strata Satu dan tidak adanya keterkaitan sebagai pengurus parpol dalam lima tahun terakhir untuk menjaga objektifitas dalam proses seleksi," ungkap Baharuddin Muin usai menggelar pertemuan yang diterima langsung Ketua KIP Sumsel Pahir Halim serta anggota KIP Sumsel lain.

Dalam pertemuan tersebut dibahas pula keterlibatan KIP Pusat dalam proses seleksi serta sejumlah tahapan yang tak boleh terlewati pada proses seleksi hingga dinyatakan terpilihnya komisioner serta peserta cadangan sesuai rangking nilai. “Yang pasti Komisi I berupaya seobjektif mungkin dalam melakukan fit and proper test, sehingga dasar dan payung hukum sangat diperlukan. Alhamdulillah dari pemaparan dengan KIP Sumsel kita dapatkan sejumlah masukkan,” kata Baharrudin Muin. (hms5)