Detail Berita

Raperda Disusun Berdasarkan Nomor Urut

Kamis, 05 Maret 2020 | Oleh: Humas DPRD Prov
Raperda Disusun Berdasarkan Nomor Urut

SAMARINDA - Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi Kaltim melakukan kunjungan kerja ke DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, belum lama ini. Kunker tersebut dalam rangka sharing tentang tugas dan fungsi Bapemperda.

Ketua Bapemperda DPRD Kaltim Muspandi mengatakan dalam proses penyusunan program pembentukan peraturan daerah di Sulsel disusun berdasarkan nomor urut dari nama rancangan perda yang telah didaftarkan dan disepakati bersama.


Berbeda dengan di Kaltim yang dalam penyusunan Propemperda berdasarkan skala prioritas sebagaimana peraturan yang berlaku. “Tentu ini akan menjadi perhatian dan bahan pertimbangan dalam pembahasan Propemperda kedepannya,” katanya.


Dalam hal penetapan Propemperda, DPRD Sulsel sama dengan provinsi lainnya yaitu ditetapkan sebelum penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dalam setiap tahunnya.


Terkait kegiatan penyebarluasan perda yang dilakukan DPRD Sulsel sama dengan halnya kegiatan reses dilaksanakan oleh masing-masing anggota DPRD. Sedangkan bedanya dengan reses yaitu dalam anggaran kegiatan penyebarluasan per anggota tersebut ada honor Tenaga Pendamping (TP), honor pemateri, dan honor moderator.


Kegiatan penyebarluasan perda dilakukan oleh anggota DPRD didampingi oleh TP sebanyak dua orang atau sesuai kebutuhan, tetapi pengaturan pada item pembayaran honor TP pada biaya penyebarluasan tersebut sebanyak dua orang.


“Syaratan utama menjadi TP jujur dan dapat dipercaya karena anggaran kegiatan penyebarluasan ditransfer kerekening TP, dimana TP lah yang akan mengatur seluruh rangkaian kegiatan tersebut,” jelasnya.


Ia mengaku berbagai informasi yang diterima selama sharing akan dibahas dan menjadi pertimbangan dalam rapat internal untuk dilakukan penyelarasan dalam rangka memaksimalkan kinerja Bapemperda.(hms4)