Detail Berita

Antisipasi Corona, RSUD Bontang Siapkan Ruang Isolasi

Selasa, 10 Maret 2020 | Oleh: Humas DPRD Prov
Antisipasi Corona, RSUD Bontang Siapkan Ruang Isolasi

Komisi IV DPRD Kaltim saat melihat salah satu ruang isolasi di RSUD Taman Husada Bontang guna persiapan pencegahan penyebaran Corona Virus Diseas (COVID-19) beberapa waktu lalu.

BONTANG - Mengantisipasi penyebaran Corona Virus Diseas (COVID-19) atau lebih dikenal dengan Corona di Kaltim, Komisi IV DPRD Kaltim melakukan monitoring ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada Bontang beberapa waktu lalu.

Ketua Komisi IV DPRD KaLtim Rusman Yaqub saat memberikan keterangan mengatakan, kunjungan DPRD Kaltim sebagai bentuk pengawasan dan mengecek kesiapan Pemprov Kaltim dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona di Kaltim. “Salah satu hal yang menjadi perhatian kami yakni ruang isolasi yang disiapkan untuk menangani pasien yang teridentifikasi virus menular tersebut,” ujarnya.


Menurut dia, semua rumah sakit milik pemerintah, tak terkecuali RSUD Taman Husada Bontang memang harus mempersiapkan sarana dan prasarana sebagai langkah pencegahan apabila ada masyarakat yang teridentifikasi Virus Corona.


Legislator Politikus PPP ini juga menyampaikan, dari hasil monitoring, kesiapan RSUD Taman Husada Bontang dinilainya cukup baik dengan tersedianya ruang isolasi beserta tenaga medis yang akan memberi penanganan apabila virus sudah menyebar.


“Ya, biarpun kasusnya belum ada, tapi setidaknya pemerintah dan semua fasilitas kesehatan sudah siap. Tentu dengan apa yang telah dipersiapkan, Pemkot Bontang patut diapresiasi atas hal tersebut,” kata Rusman.


Ia mengungkapkan, bahwa langkah antisipasi yang dipersiapkan pemerintah patut diapresiasi. Dengan disiapkannya ruang isolasi khusus, maka apabila sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan dapat segera diberi penanganan awal agar tidak terjadi penularan dalam skala besar. “Setelah melihat fasilitas yang ada di RSUD Taman Husada Bontang, sudah sangat baik dan sangat menunjang untuk penanganan,” ujarnya.


Meski demikian, Rusman menyebutkan, hal yang harus diantisipasi pemerintah setempat yakni ketersediaan masker dan pakaian khsusus. “Itu kendala yang disampaikan pihak rumah sakit. Memang pemerintah setempat harus mengalokasikan dan menyediakan,” tandasnya. (hms6)