Detail Berita

Alternatif Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

Kamis, 25 Juni 2020 | Oleh: Humas DPRD Prov
Alternatif Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

SAMARINDA - Potensi ekonomi dari sektor wisata menjadi salah satu alternatif sumber pendapatan dan penghasilan bagi suatu daerah. Bahkan, tidak sedikit daerah khususnya kawasan Asia menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan.

Mananggapi hal itu, Anggota DPRD Kaltim Safuad mengaku, Kaltim memiliki banyak objek destinasi wisata yang bertaraf internasional. Ini merupakan kesempatan untuk menarik investor guna memaksimalkan potensi pariwisata serta pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19.

“Secara nasional, Kaltim salah satu daerah teratas dalam tujuan investor. Hanya saja, memang minimnya infrastruktur menjadi kendala tersendiri. Seperti masih banyak sarana dan prasarana publik seperti jalan dan jembatan khususnya yang menghubungkan antar desa dan kecamatan yang belum ideal. Sehingga ini yang perlu menjadi perhatian bersama, dan menjadi peran pemerintah dalam mempromosikan daerah guna menarik investor,” kata dia.

Menurut Politikus PDI Perjuangan ini, dengan hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), akan cukup sulit untuk membangun infrastruktur pariwisata secara maksimal. Oleh sebab itu maka dibutuhkan peran pemerintah pusat dan swasta guna melakukan percepatan pembangunan.

“Pemerintah memiliki banyak program unggulan guna menarik banyak investor. Hanya memang, perlu dimaksimalkan dan dipromosikan. Seperti pemberian jaminan kemudahan dalam perizinan berinvestasi,” ujarnya.

Menurutnya, dengan banyaknya investasi secara otomatis akan menumbuh kembangkan sejumlah bidang terutama penyerapan tenaga kerja, serta kembali meningkatkan geliat potensi perekonomian masyarakat.

“Ini juga menjadi salah satu solusi mengatasi tingginya angka pengangguran saat pandemi covid saat ini. Pengembangan potensi wisata bisa menjadi sarana masyarakat meningkatkan penghasilan, khususnya bidang UMKM,” terang Safuad

Untuk itu, Wakil Rakyat dari Dapil Bontang, Kutim dan Berau ini meminta pemerintah melakukan promosi lebih intens baik dalam maupun luar negeri guna memperkenalkan Kaltim dengan segala kekayaan yang dimilikinya mulai dari budaya hingga potensi alamnya. (hms6)