Detail Berita

Pandemi Covid-19, Tiga Tahapan yang Harus Dipastikan Panitia Kurban

Kamis, 30 Juli 2020 | Oleh: Humas DPRD Prov
Pandemi Covid-19, Tiga Tahapan yang Harus Dipastikan Panitia Kurban

SAMARINDA - Anggota DPRD Kaltim Ali Hamdi mengimbau agar proses pemotongan dan pembagian daging kurban agar tetap menggunakan protokol kesehatan yakni menjaga jarak fisik, menggunakan masker, dan menjaga sterilisasi tangan.

Ia menjelaskan ada tiga tahapan yang harus dipastikan oleh setiap panitia kurban, yang pertama memastikan hewan kurban baik sapi maupun kambing dalam kondisi sehat dan layak, kemudian seluruh panitia yang terlibat dalam keadaan tidak sakit atau ada keluhan kesehatan, dan terakhir agar dalam penyaluran daging dapat menghindari kerumunan masa.


“Dalam kegiatan kurban setiap tahunnya bisa dilihat bagaimana antusias masyarakat baik mengantri untuk menunggu pembagian daging maupun sekedar untuk melihat proses penyembelihan hewan. Panitia harus sudah memikirkan dengan matang agar ini tidak terulang,” jelas pria yang akrab disapa Ustadz tersebut.


Seperti diketahui, Kementerian Agama telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 31/2020 prihal pelaksanaan hewan kurban selama masa pandemi covid-19. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah adanya klaster baru.


Adapun isi surat edaran dimaksud diantaranya, pemotongan hewan kurban dilakukan di fasilitas pemotongan hewan kurban yang sudah mendapatkan izin dari pemerintah daerah melalui dinas terkait, mengatur kepadatan dengan membatasi jumlah panitia dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban, dan melakukan pembatasan di fasilitas pemotongan hewan kurban yang hanya dihadiri oleh panitia.


Untuk menghindari antrian dan kerumunan masa maka distribusi daging kuban hendaknya tidak menggunakan kupon, melainkan panitia langsung membagikannya ke rumah-rumah mereka yang berhak menerima.


“Kita semua berharap agar pelaksanaan kurban tahun ini bisa berjalan dengan lancar dan aman, serta mereka yang berkurban diterima dan mendapatkan pahala berkali lipat disisi Allah SWT dan juga saudara –saudara yang membutuhkan bisa menikmati tanpa khawatir akan persoalan kesehatan,” harapnya. (hms4)

SelengkapnyaBerita Terkait