Detail Berita

Jalan Pertanian di Kaltim Perlu Perhatian

Rabu, 09 Desember 2020 | Oleh: Humas DPRD Prov
Jalan Pertanian di Kaltim Perlu Perhatian

SAMARINDA. Anggota Komisi II DPRD Kaltim Safuad berharap pemerintah memberikan perhatian pada pertanian dengan melakukan perbaikan pada jalan-jalan usaha tani, jalan produksi, maupun jalan lingkungan dan poros desa serta saluran irigasi sebagai dukungan konkrit terhadap pertanian dalam arti luas.

Pasalnya dengan adanya perbaikan jalan-jalan tersebut, tentunya dapat memudahkan petani untuk mengangkut dan memasarkan hasil pertanian maupun produksinya. Sebab hingga saat ini masih banyak jalan pertanian di Kaltim yang perlu dilakukan perbaikan.

 

Politisi PDI Perjuangan ini menyampaikan, salah satu kendala yang sering dihadapi petani di Kaltim adalah jalan-jalan usaha tani yang rusak, tidak ada batu atau aspalnya. Yang mana kondisi jalan-jalan tersebut masih jauh dari kata layak,  sehingga petani sulit mengangkut hasil dari produksi tani untuk dipasarkan.

 

“Padahal jalan-jalan tersebut merupakan  akses penting  untuk mengangkut hasil pertanian, dan ini perlu menjadi perhatian yang lebih dari pemerintah,” ucap wakil rakyat asal dapil Bontang, Kutim dan Berau ini.

 

Perhatian lain terhadap pertanian adalah dengan memberikan bantuan bibit tanaman yang sulit diperoleh. Serta bantuan alat-alat pertanian dan pengadaan handtraktor. Juga kemudahan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi dan penambahan pembangunan lumbung padi yang tidak seimbang dengan produksi. (adv/hms8)