Detail Berita

Pemilih dan Petugas Pilkada Wajib Jaga Protokol Kesehatan

Rabu, 09 Desember 2020 | Oleh: Humas DPRD Prov
Pemilih dan Petugas Pilkada Wajib Jaga Protokol Kesehatan

SAMARINDA. Pilkada serentak yang digelar hari ini, (9/12) meski menjadi perhelatan yang rutin dilakukan, namun menjadi momen berbeda dengan adanya pandemic covid-19. Anggota DPRD Kaltim Ekti Imanuel, Politisi Gerindra asal Dapil Kukar dan Kubar ini meminta agar pemilih yang hadir serta petugas harus berkomitmen menjaga penerapan protokol kesehatan.

“Pastinya penerapannya seperti halnya yang telah disosialisasikan agar datang menggunakan masker, menjaga jarak, tidak berkerumun, menjaga dari kontak langsung seperti bersalaman. Petugas juga harus mengantisipasi kemungkinan adanya kedatangan pemilih yang membludak pada jam-jam tertentu,” kata Ekti.

 

Pria kelahiran Melapeh ini juga menambahkan, pengecheckan suhu tubuh pada setiap warga yang hadir juga perlu diperhatikan. Petugas harus menjalankan setiap peraturan sesuai dengan aturan yang telah ditentukkan. “Termasuk penggantian petugas yang terpapar covid-19, hal ini sudah diatur oleh KPU Pusat. Tinggal dijalankan, kita optimalkan sebaik mungkin untuk menjaga agar pelaksanaan pemilihan berjalan dengan lancar,” sebut Ekti.

 

Sementara menyinggung terkait hak pasien positif covid-19, KPU telah mengeluarkan peraturan terkait hak suara pasien positif. Menanggapi hal itu Ekti menerangkan bahwa ia berharap petugas dan orang-orang yang membantu dalam pelaksanaan pencoblosan agar mendapat penerapan yang berstandar. Seperti Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap, perlakuan khusus bagi alat yang digunakan baik itu kertas dan alat lainnya agar disterilisasi untuk mencegah jika ada droplet yang menempel tidak berpindah.

 

“Semua demi kebaikan bersama, semua demi kemajuan daerah. Pelaksanaan Pilkada kali ini tentu tidak sesederhana biasanya. Bersama-sama kita tetap menjaga kesehatan dan keselamatan diri. Semoga Pilkada berjalan dengan lancar dan menghasilkan pemimpin yang amanah untuk kemajuan daerah,” urai Ekti. (adv/hms5)