Detail Berita

Dorong Pertumbuhan Ekonomi dengan Peningkatan Infrastruktur Jalan

Kamis, 10 Desember 2020 | Oleh: Humas DPRD Prov
Dorong Pertumbuhan Ekonomi dengan Peningkatan Infrastruktur Jalan

SAMARINDA. Minimnya pembangunan infrastuktur seperti jalan penghubung di daerah pedalaman hingga kini masih menjadi kendala besar dalam mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kaltim.

Untuk itu, Anggota DPRD Kaltim Ali Hamdi berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim dapat memberikan perhatian dengan memperbaiki atau membangun jalan penghubung antara desa khususnya di daerah pedalaman Kaltim.

“Perlu percepatan pembangunan infrastruktur guna membuka daerah terisolir di daerah pedalaman Kaltim dan menghubungkannya dengan daerah perkotaan. Sehingga dapat mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Salah satu daerah yang wilayahnya cukup luas dan perlu perhatian pemerintah sebut dia yakni daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Disampaikan Anggota Komisi II DPRD Kaltim ini, bahwa di wilayah Kukar tersebut sangat luas dan memiliki potensi pertanian yang sangat besar. “Sehingga Pemprov Kaltim perlu memperhatikan dan membangun jalan ke sentra-sentra produksi pertanian,” usulnya.

Menurut dia, jalan di Kukar banyak jalan provinsi dan nasional, seperti jalan Tenggarong Seberang – Muara Kaman yang kondisinya memprihatinkan. Hal ini tentu dapat menghambat petani dalam mendistribusikan hasil pertanian.

“Untuk itu kami juga mengimbau agar Pemkab Kukar maupun Pemprov Kaltim dapat meningkatkan anggaran pemeliharaan jalan provinsi yang ada untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lebih baik,” imbuhnya. (adv/hms6)